Ojek
(atau istilah kerennya oleh orang bule disebut Moto Taxi/Motorcycle
Taxi) bukanlah suatu yang terlalu asing di Indonesia. Dan sepertinya
dulu jasa transportasi ojek ini (mungkin) dianggap sebagai profesi yang
kurang menarik. Namun saat ini semenjak hadirnya sistem Ojek Online,
mulai banyak orang-orang mendaftar menjadi rider/driver Ojek online.
Dan asal tahu saja, di luar negeri (khususnya negara-negara di Eropa) jasa transportasi seperti Ojek ini dikelola secara baik dan benar-benar menjadi lahan bisnis serius. Contohnya di Perancis, Moto Taxi sebagai salah satu jasa Ojek online dan menggunakan kendaraan yang keren dan nyaman bagi si rider motor maupun penumpang. Berikut kutipan dari Sidomi.com sebagai referensi bagi agan-sista sekalian.
Quote:
Moto Taxi, Ojek Online di Perancis yang Keren dan Canggih.
Moto Taxi adalah salah satu alat transportasi umum yang diakui di Perancis, dan berbasis online hampir mirip dengan Gojek di Indonesia. Tapi sedikit berbeda dengan di tanah air, perekrutan dan persyaratan untuk menjadi tukang ojek di Perancis lebih rumit.
Kendaraan yang digunakan untuk menarik penumpang tidak boleh lebih tua dari 4 tahun. Itu sebabnya motor-motor keren yang selalu tampak berjajar di garasi Moto Taxi.
Selain itu, pengemudi ojek juga harus memiliki SIM khusus untuk transportasi umum tersebut. Mereka tak boleh memiliki riwayat kriminal yang dibuktikan oleh surat dari kepolisian, dan sudah berpengalaman mengendarai sepeda motor lebih dari 5 tahun.
Untuk menjamin kenyamanan penumpang, motor harus mempunyai bagasi tempat meletakkan barang dan tas. Itu untuk mencegah barang berharga milik penumpang berceceran.
Mereka pun dibekali helm canggih yang mempunyai bluetooth dan interkom untuk memudahkan komunikasi antara pengendara dan penumpangnya, jadi tak perlu berteriak-teriak jika ingin menunjukkan arah.
Ada pula jaket, agar penumpang tak kedinginan saat musim dingin, dan itu harus dikenakan semua sebelum perjalanan dimulai.
Penumpang dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi di ponsel pintar, lewat website resmi Moto Taxi, atau juga lewat telepon seperti : Motocab.com dan Skoot.fr.Keren dan canggih sekali ya, tukang ojek di Perancis ini.
Bagaimana dengan negara-negara lain ??? Yuk kita lihat seperti apa tampilan Ojek-ojek di sana.
Quote:
Di London Ojek dikenal dengan nama Passenger Bike. Dan tampilannya sebagai berikut.
Passengerbikes.com
Di New York dan Los Angeles (USA) sebuah perusahaan yang dikenal dengan nama Moto Limos Club juga menyediakan jasa transportasi menggunakan motor. Dan sepertinya biaya transportasinya juga tergolong lumayan WAH..
Kalau agan-agan berkunjung ke St. Petersburg, Russia. Di sana juga tersedia layanan Moto Taxi
Berikut tampilannya.
http://ganeshmahakal.blogspot.co.id/...ing-in-st.html
Kalau agan-agan berkunjung ke Brussels, Belgia. Di sana dikenal dengan nama City Scoot.
Berikut tampilannya.
http://www.urbandrive.be/taxi-equipements-en.html
http://www.europost.bg/article?id=3995
Berikut tampilan "Ojek" di kota Kigali, Rwanda.
http://www.livinginkigali.com/inform...urvival-guide/
http://www.newtimes.co.rw/section/ar...-08-06/191324/
Nah gimana gan setelah melihat tampilan Ojek-ojek di beberapa negara.... Di negara-negara luar sana bisnis dan profesi Ojek ini dijadikan secara eksklusif dan serius.
Semoga saja kedepannya, kendaraan Ojek-ojek di tanah air juga akan keren-keren.... Tapi ingat, ada mutu/kualitas maka ada harga....
NB: Kalau ada yang salah dalam thread ane, silahkan dikoreksi gan
Makasih yang udah pada baca dan komen thread ane. Banyak yang bertanya tarif "Ojek2" di atas berapaan . Ane coba kasih info dah beberapanya.
Airport to Central London approx £85.
Waiting time is charged at £70 per hour. Airport waiting time will be charged at £60 per hour and will start half an hour after the scheduled arrival time of the flight. However, we will check the actual arrival time before we arrive and will take this into consideration. The full price of the job will be charged for cancellations made less than 12 working hours from the booked pick-up time.
1£= +/- Rp 19.900
Quote:Original Posted By papiroach ►
Jangan salah kaprah, disana tarifnya mahal karena yang naik ojek itu ngejer waktu. Terus motornya keren karena beneran dikelola sama perusahaan yang tujuannya profit dan fair mereka bayar pajak angkutan umum ga kayak di indonesia kendaraan pribadi dijadiin angkutan umum.
Quote:Original Posted By ramapermadoni ►
mulai sekarang ane mau nyebut Ojek dengan sebutan "Moto Taxi"
sejarah Ojek,
Ojek sebenarnya penulisannya adalah Ojeg(kalau gak percaya main ke kampungnya orang sunda, pasti nulisnya dan nyebutnya OJEG bukan Ojek), OJEG adalah singkatan dari dua kata bahasa Sunda yaitu : Ongkos dan ngaJEGang.
yang artinya :
Ongkos = Ongkos (sama dgn bahasa Indonesia)
dan
Ngajegang = ngangkang (di motor lah pastinya)
jadi dulu ada orang nebeng motor , karena dulu motor masih jarang maka dikomersilkan oleh si pengemudi motor dengan bilang "Ojeg na atuh kang" yang artinya "Ojeg(ongkos ngajegang) nya dong bang"
kurang lebih begitu
Supaya berimbang nich ...
Dan asal tahu saja, di luar negeri (khususnya negara-negara di Eropa) jasa transportasi seperti Ojek ini dikelola secara baik dan benar-benar menjadi lahan bisnis serius. Contohnya di Perancis, Moto Taxi sebagai salah satu jasa Ojek online dan menggunakan kendaraan yang keren dan nyaman bagi si rider motor maupun penumpang. Berikut kutipan dari Sidomi.com sebagai referensi bagi agan-sista sekalian.
Quote:
Moto Taxi, Ojek Online di Perancis yang Keren dan Canggih.
Moto Taxi adalah salah satu alat transportasi umum yang diakui di Perancis, dan berbasis online hampir mirip dengan Gojek di Indonesia. Tapi sedikit berbeda dengan di tanah air, perekrutan dan persyaratan untuk menjadi tukang ojek di Perancis lebih rumit.
Kendaraan yang digunakan untuk menarik penumpang tidak boleh lebih tua dari 4 tahun. Itu sebabnya motor-motor keren yang selalu tampak berjajar di garasi Moto Taxi.
Selain itu, pengemudi ojek juga harus memiliki SIM khusus untuk transportasi umum tersebut. Mereka tak boleh memiliki riwayat kriminal yang dibuktikan oleh surat dari kepolisian, dan sudah berpengalaman mengendarai sepeda motor lebih dari 5 tahun.
Untuk menjamin kenyamanan penumpang, motor harus mempunyai bagasi tempat meletakkan barang dan tas. Itu untuk mencegah barang berharga milik penumpang berceceran.
Mereka pun dibekali helm canggih yang mempunyai bluetooth dan interkom untuk memudahkan komunikasi antara pengendara dan penumpangnya, jadi tak perlu berteriak-teriak jika ingin menunjukkan arah.
Ada pula jaket, agar penumpang tak kedinginan saat musim dingin, dan itu harus dikenakan semua sebelum perjalanan dimulai.
Penumpang dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi di ponsel pintar, lewat website resmi Moto Taxi, atau juga lewat telepon seperti : Motocab.com dan Skoot.fr.Keren dan canggih sekali ya, tukang ojek di Perancis ini.
Spoiler for MotoTaxi:
Bagaimana dengan negara-negara lain ??? Yuk kita lihat seperti apa tampilan Ojek-ojek di sana.
Quote:
Spoiler for PassengerBikes:
Di London Ojek dikenal dengan nama Passenger Bike. Dan tampilannya sebagai berikut.
Passengerbikes.com
Spoiler for LimoBike:
Spoiler for Moto Limos Club:
Di New York dan Los Angeles (USA) sebuah perusahaan yang dikenal dengan nama Moto Limos Club juga menyediakan jasa transportasi menggunakan motor. Dan sepertinya biaya transportasinya juga tergolong lumayan WAH..
Spoiler for Moto Taxi Low Cost:
Spoiler for St. Petersburg:
Kalau agan-agan berkunjung ke St. Petersburg, Russia. Di sana juga tersedia layanan Moto Taxi
Berikut tampilannya.
http://ganeshmahakal.blogspot.co.id/...ing-in-st.html
Spoiler for City Scoot:
Kalau agan-agan berkunjung ke Brussels, Belgia. Di sana dikenal dengan nama City Scoot.
Berikut tampilannya.
http://www.urbandrive.be/taxi-equipements-en.html
http://www.europost.bg/article?id=3995
Spoiler for Moto Taxi di Rwanda:
Berikut tampilan "Ojek" di kota Kigali, Rwanda.
http://www.livinginkigali.com/inform...urvival-guide/
http://www.newtimes.co.rw/section/ar...-08-06/191324/
Nah gimana gan setelah melihat tampilan Ojek-ojek di beberapa negara.... Di negara-negara luar sana bisnis dan profesi Ojek ini dijadikan secara eksklusif dan serius.
Semoga saja kedepannya, kendaraan Ojek-ojek di tanah air juga akan keren-keren.... Tapi ingat, ada mutu/kualitas maka ada harga....
NB: Kalau ada yang salah dalam thread ane, silahkan dikoreksi gan
Makasih yang udah pada baca dan komen thread ane. Banyak yang bertanya tarif "Ojek2" di atas berapaan . Ane coba kasih info dah beberapanya.
Spoiler for Passenger Bikes Tariff:
Using
our service will usually cost the same or just a little more than a
premium car service, but will often take less than half the time. Below
are full details of our current rates. You can also find some examples
of typical fares for journeys within London and to the London airports
outside the M25.
Please email or call if you’d like a quote for specific a journey.
Typical journey costs from Piccadilly Circus*:
Waterloo BR - £50
Victoria BR - £50
Paddington BR - £50
Liverpool St BR - £50
Hammersmith - £50
Heathrow Airport T1,2&3 - £87.50
Canary Wharf - £50
City Airport - £72.50
Typical Airport Rates*:
Central London - Gatwick - £130
Central London - Luton - £130
Central London - Stansted - £130
Heathrow - Gatwick - £145
Heathrow - Luton - £130
Heathrow - Stansted - £175
Gatwick - Luton - £200
Gatwick - Stansted - £200
Typical journey costs from Piccadilly Circus*:
Waterloo BR - £50
Victoria BR - £50
Paddington BR - £50
Liverpool St BR - £50
Hammersmith - £50
Heathrow Airport T1,2&3 - £87.50
Canary Wharf - £50
City Airport - £72.50
*Costs are based on travel during normal trading hours and are subject to the addition of VAT and any waiting time.
1£= +/- Rp 19.900
Please email or call if you’d like a quote for specific a journey.
Typical journey costs from Piccadilly Circus*:
Waterloo BR - £50
Victoria BR - £50
Paddington BR - £50
Liverpool St BR - £50
Hammersmith - £50
Heathrow Airport T1,2&3 - £87.50
Canary Wharf - £50
City Airport - £72.50
Typical Airport Rates*:
Central London - Gatwick - £130
Central London - Luton - £130
Central London - Stansted - £130
Heathrow - Gatwick - £145
Heathrow - Luton - £130
Heathrow - Stansted - £175
Gatwick - Luton - £200
Gatwick - Stansted - £200
Typical journey costs from Piccadilly Circus*:
Waterloo BR - £50
Victoria BR - £50
Paddington BR - £50
Liverpool St BR - £50
Hammersmith - £50
Heathrow Airport T1,2&3 - £87.50
Canary Wharf - £50
City Airport - £72.50
*Costs are based on travel during normal trading hours and are subject to the addition of VAT and any waiting time.
1£= +/- Rp 19.900
Spoiler for Virginlimobike:
Airport to Central London approx £85.
Waiting time is charged at £70 per hour. Airport waiting time will be charged at £60 per hour and will start half an hour after the scheduled arrival time of the flight. However, we will check the actual arrival time before we arrive and will take this into consideration. The full price of the job will be charged for cancellations made less than 12 working hours from the booked pick-up time.
1£= +/- Rp 19.900
Quote:Original Posted By papiroach ►
Jangan salah kaprah, disana tarifnya mahal karena yang naik ojek itu ngejer waktu. Terus motornya keren karena beneran dikelola sama perusahaan yang tujuannya profit dan fair mereka bayar pajak angkutan umum ga kayak di indonesia kendaraan pribadi dijadiin angkutan umum.
Quote:Original Posted By ramapermadoni ►
mulai sekarang ane mau nyebut Ojek dengan sebutan "Moto Taxi"
sejarah Ojek,
Ojek sebenarnya penulisannya adalah Ojeg(kalau gak percaya main ke kampungnya orang sunda, pasti nulisnya dan nyebutnya OJEG bukan Ojek), OJEG adalah singkatan dari dua kata bahasa Sunda yaitu : Ongkos dan ngaJEGang.
yang artinya :
Ongkos = Ongkos (sama dgn bahasa Indonesia)
dan
Ngajegang = ngangkang (di motor lah pastinya)
jadi dulu ada orang nebeng motor , karena dulu motor masih jarang maka dikomersilkan oleh si pengemudi motor dengan bilang "Ojeg na atuh kang" yang artinya "Ojeg(ongkos ngajegang) nya dong bang"
kurang lebih begitu
Supaya berimbang nich ...
Spoiler for Motrocyle Taxi Thailand:
Spoiler for Moto Taxi El Savador:
Spoiler for Tricycle, Moto taxi Phillipine:
Spoiler for Beijing, China: