.

Kamis, 24 Desember 2015

Beratnya Kerja di Stasiun TV

Halo, Gan! Kenalin ada nubie nih di sini kepengen bagi-bagi info buat agan-agan semuanya. Mohon bimbingannya yak.

Di trit pertama ini ane mau bahas seputar kerja di media massa, khususnya stasiun TV, Gan. Kebetulan ane punya banyak temen yang latar belakang kuliahnya jurusan jurnalistik atau komunikasi massa. Nah, yang jadi perhatian ane, kebanyakan dari mereka pas mau lulus mendadak kebingungan mau kerja di mana. Banyak yang bilang, mereka baru sadar kalo kerja di media ternyata berat, khususnya stasiun TV.

Nah, buat gambaran Agan-agan, berikut ane lampirin komentar-komentar dari karyawan beberapa stasiun TV di Indonesia tentang beratnya kerja di stasiun TV yang ane ambil dari sumber di Internet.

Spoiler for 1. Karir:

1. Karir



Di dunia jurnalistik Agan gak serta merta langsung jadi sekeren Gustav Aulia atau Najwa Shihab, Gan. Di balik pekerjaan yang cukup bergengsi dan bikin Agan jadi terkenal layaknya selebriti ini, ada proses yang gak mudah. Kalo Agan mau jadi news anchor alias penyiar berita, misalnya, idealnya Agan harus ngerasain dulu turun ke lapangan panas-panasan sebagai reporter. Trus nantinya pun Agan bakal ngelewatin tahapan seleksi lagi.

Nah, beberapa orang ada yang gak mau ngelewatin fase jadi reporter ini yang bisa dibilang emang nguras tenaga banget. Tapi namanya buat jadi sukses tentu gak ada yang instan dong, Gan. Apalagi anak fresh graduate. Kalo gak belajar dari bawah, gimana bisa dapetin pengalaman. Betul gak?


Spoiler for 2. Jam kerja:

2. Jam kerja



Banyak yang bilang kerja di stasiun TV banyak lemburnya, Gan. Menurut pengakuan karyawan salah satu stasiun TV swasta, jam kerja di TV (layaknya pekerjaan di media lainnya) emang bikin capek.

Tapi sebenernya dengan jam kerja yang berat kayak gitu, ada banyak banget pembelajaran yang bisa Agan dapet.

Spoiler for Pembelajaran:


Spoiler for 3. Gaji:

3. Gaji



Gak cuma kerjaan yang katanyaaa gak kenal waktu, tapi ternyata gaji juga jadi salah satu keluhan para pekerja media, Gan
Spoiler for Gaji:


Sayangnya ane gak mau nyebutin perusahaan mana yang dimaksud, Gan. Agan liat sendiri aja yak di sini sekalian biar bisa liat juga nominal gajinya berapa.

Tapi walaupun karyawannya ngeluhin gajinya yang kecil, udah sering ane denger dari banyak orang kalo jebolan stasiun TV dijamin punya kualitas yang mumpuni, Gan. Ya ibaratnya bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian deh. Agan emang bakal digembleng abis-abisan selama kerja, tapi pas masuk ke perusahaan lain, kualitas Agan amat sangat diperhitungkan, Gan.


Yang pasti gini, Gan. Ane percaya terlepas dari beratnya kerja jadi orang TV, ada banyak banget hal positif yang bisa kita dapetin di sana. Dari hasil ngobrol ane dengan senior-senior ane yang udah lumayan lama kerja di media, pekerja media itu profesi yang keren banget. Mereka yang bikin kita-kita para pemirsa jadi tau banyak informasi dan kejadian. Lagian, kata mereka lagi, kerja di mana aja juga pasti ada suka dukanya. Nah, ane sih setuju sama pendapat yang ini.

So, buat Agan yang punya pengalaman yang berkaitan, dibagi-bagi aja yak di bawah. Kali aja bisa bantu agan-agan lain yang lagi pada kebingungan juga.

Sumber: Kaskus